INSTRUMEN PENELITIAN KINERJA AWAK KABIN
Nama FSM : ……………..(diisi
awak kabin FA-1 & FA-2)
No Responden: ……………… (diisi oleh peneliti)
1.
Upaya yang dilakukan FSM dalam membantu awak kabin
lainnya agar bekerja sama dengan baik.
a. Sangat Baik b. Baik
c. Buruk d. Sangat Buruk
2.
Kegiatan FSM dalam memantau aktivitas para awak
kabin yang sedang mendemonstrasikan prosedur kesalamatan penerbangan.
a. Sangat Baik b. Baik
c. Buruk d. Sangat Buruk
3. Pendekatan yang dilakukan FSM dalam menangani
penumpang yang “sukar” memasang sabuk pengaman.
a. Sangat Baik b. Baik
c. Buruk d. Sangat Buruk
4. Pendekatan FSM
agar penumpang yang kelihatan sakit memeriksakan kesehatannya terlebih dahulu
pada dokter bandara.
a. Sangat Baik b. Baik
c. Buruk d. Sangat Buruk
5. Kegiatan FSM dalam melakukan pemeriksaan
menyeluruh terhadap kondisi awak kabin.
a. Sangat Baik b. Baik
c. Buruk d. Sangat Buruk
6. Kegiatan FSM
dalam membantu Captain in command mengawasi tekanan udara di dalam
pesawat.
a. Sangat Baik b. Baik
c. Buruk d. Sangat Buruk
7. Pendekatan
yang dilakukan FSM dalam menegur awak kabin yang lupa memakai pin sebelum
menaiki pesawat.
a. Sangat Baik b. Baik
c. Buruk d. Sangat Buruk
8.
Pendekatan yang dilakukan FSM dalam memberi teguran
jika seorang awak kabin menolak memakai uniform penerbangan.
a. Sangat Baik b. Baik
c. Buruk d. Sangat Buruk
9.
Cara FSM menegur awak kabin yang bertanggung-jawab
jika salah seorang penumpang belum memasang sabuk pengaman pada saat pesawat
akan segera tinggal landas.
a. Sangat Baik b. Baik
c. Buruk d. Sangat Buruk
10. Prosedur yang
ditempuh FSM sebelum memberikan surat
peringatan kepada awak kabin yang lalai membawa buku Petunjuk Acuan Penerbangan
(PAP).
a. Sangat Baik b. Baik
c. Buruk d. Sangat Buruk
11. Catatan FSM
tentang semua kesalahan yang diperbuat awak kabin selama penerbangan.
a.
Sangat Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
12. Tindakan FSM
mengingatkan awak kabin agar melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan prosedur
yang ditetapkan.
a. Sangat Baik b. Baik
c. Buruk d. Sangat Buruk
13. Kegiatan FSM
memberikan arahan kepada setiap awak kabin yang mengalami kesulitan dalam
melaksanakan tugasnya.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
14. Upaya yang
dilakukan FSM melatih kemampuan para awak kabin dalam melayani penumpang.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
15. Kesempatan yang
diberikan FSM kepada para awak kabin untuk menerapkan keterampilannya dalam
melayani para penumpang.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
16. Upaya yang
dilakukan FSM untuk mengingatkan para awak kabin agar mentaati semua peraturan
penerbangan.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
17. Keramahan yang
diperlihatkan FSM kepada setiap penumpang selama masa penerbangan.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
18. Keakraban yang
diperlihatkan FSM dengan semua awak kabin selama masa penerbangan.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
19.
Penanganan FSM terhadap penumpang yang sakit.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
20.
Keakraban FSM dengan para penumpang.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
21.
Kerjasama FSM dengan captain selama masa penerbangan.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
22. Pelayanan FSM
terhadap captain in command.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
23. Upaya yang
dilakukan FSM untuk mengetahui kesulitan yang dialami awak kabin.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
24. Solusi yang
diberikan FSM terhadap masalah yang dihadapi awak kabin.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
25. Kerjasama FSM
dengan petugas pasasi sebelum tinggal landas.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
26. Kegiatan FSM
dalam memeriksa jumlah penumpang sebelum memasuki pesawat tinggal landas.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
27. Upaya yang
dilakukan FSM untuk mengetahui tujuan akhir penumpang pada pesawat yang
dipimpinnya.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
28. Teknik yang
diterapkan FSM untuk memeriksa kesesuaian jumlah penumpang dengan daftar
penumpang.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
29. Upaya yang
dilakukan FSM dalam menangani penumpang yang akan melanjutkan penerbangannya.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
30. Koodinasi yang
dilakukan FSM dengan petugas Pasasi dalam menangani penumpang yang akan ganti
pesawat.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
31. Upaya yang
dilakukan FSM dalam memastikan kesiapan petugas rampa terlebih dahulu sebelum
menaiki pesawat.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
32. Tindakan yang
diambil FSM agar pesawat berada di pintu keberangkatan yang benar sebelum
menaiki pesawat.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
33.
Komunikasi FSM dengan perusahan
catering yang memasok makanan ke pesawat.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
34. Kerjasama yang
dilakukan FSM dengan perusahaan jasa boga dalam meningkatkan mutu menu yang
disediakan bagi penumpang.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
35. Pemeriksaan yang
dilakukan FSM untuk mengetahui jumlah persediaan makanan yang tersedia.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
36. Upaya yang
dilakukan FSM agar persediaan makanan sesuai dengan kebutuhan selama
penerbangan
37. Teknik yang
dilakukan FSM dalam memeriksa kelayakan makanan yang dipasok ke dalam pesawat.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
38. Tindakan yang
dilakukan FSM jika kualitas makanan yang tersedia tidak memenuhi standar.
39.
Kegiatan FSM dalam memeriksa
kondisi pelampung yang tersedia di pesawat
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk.
40. Evaluasi yang
dilakukan FSM untuk mengetahui berat beban bagasi sebelum pesawat tinggal
landas.
a. Sangat
Baik b. Baik c. Buruk
d. Sangat Buruk
LAMPIRAN 1.2
INSTRUMEN PENELITIAN VARIABEL KETAHAN-MALANGAN (X1)
No Responden : ………………(diisi oleh peneliti)
1.
Jika saya menemui seorang penumpang yang rewel
selama dalam penerbangan, saya merasa diri saya sangat tidak berguna.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
2. Jika
awak kabin menolak perintah saya dalam sebuah penerbangan, saya merasa hal itu
sebagai hal yang wajar.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
3. Jika
petugas ramp menolak bekerja sama, saya merasa sangat terpukul.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
4. Jika
pesawat yang saya awaki mengalami turbulance, saya mengira bahwa saya
akan mati segera.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
5. Jika
pesawat saya mengalami gangguan teknis selama masa penerbangan, saya merasa bahwa nasib saya sangat malang.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
6. Jika
penumpang mengadukan jeleknya kualitas makanan yang disedia-kan dalam
penerbangan pada petugas ground, saya merasa bahwa saya sangat
dilecehkan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
7. Jika
saya dibentak oleh Captain in Command karena lalai mengerjakan tugas,
hal itu tidak berpengaruh negatif dalam melanjutkan tugas saya
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
8. Jika
saya menemui seorang penumpang yang sedang kritis selama penerbangan, saya
merasa sial seumur hidup saya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
9. Saya
merasa tegang jika atasan di ground meminta saya agar datang ke
kantornya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
10. Jika
saya tidak mampu menangani seorang penumpang yang sedang kritis selama
penerbangan, saya akan meminta bantuan orang lain.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
11. Saya
akan merasa takut terbang lagi jika pesawat banyak mengalami hambatan selama
satu penerbangan yang saya ikuti.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
12. Saya
menyalahkan diri saya sendiri jika salah satu awak kabin lalai melakukan
tanggungjawabnya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
13. Saya
merasa tidak pantas jadi FSM jika terus menerus harus memper-baiki kesalahan
yang diperbuat oleh awak kabin lain.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
14. Saya
mengutuk diri saya sendiri karena telah memilih FSM sebagai profesi saya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
15. Saya
menjadi sangat takut keluar dari ruangan kabin jika ada penum-pang yang
marah-marah selama penerbangan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
16. Saya
berusaha tetap tenang menghadapi setiap kemungkinan yang terjadi selama masa
penerbangan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
17. Saya
menyalahkan petugas di ground jika kualitas makanan yang dipasok ke
dalam pesawat di bawah standar yang ditetapkan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
18. Saya
menyalahkan captain in command jika pesawat mengalami kerusakan selama
masa penerbangan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
19. Saya
merasa turut bertanggungjawab jika awak kabin tidak bersikap ramah kepada
penumpang.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
20. Saya
menyalahkan anggota keluarga jika saya lupa membawa ID card.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
21. Jika
salah seorang penumpang berteriak karena belum mendapat jatah makan, saya
melayaninya dengan segera tanpa terlebih dahulu mencari awak yang
bertanggungjawab.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
22.
Jika salah satu awak kabin tidak bisa melayani
penumpang karena menderita sakit selama masa penerbangan, saya bersedia
menggantikan posisinya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
23. Saya
bersedia memberikan jatah makan saya kepada penumpang jika memang sangat
dibutuhkan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
24. Ketika
tugas saya memimpin awak kabin selesai, saya merasa telah keluar dari semua
kesulitan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
25. Saya
menjadi tidak bersemangat bekerja jika mengetahui salah satu awak kabin gagal
melaksanakan tugasnya karena sakit.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
26. Gairah
hidup saya akan hilang jika ditegur oleh pimpinan saya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
27. Saya
tidak bisa tidur dengan nyenak jika ditegur pimpinan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
28. Saya
bersedia berhenti jadi FSM jika awak kabin yang saya pimpin menolak untuk
dibina.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d.
Tidak Setuju
29. Saya
bersedia ditempatkan pada posisi yang lebih rendah di ground dari pada
setiap penerbangan harus menghadapI penumpang yang rewel.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
30.
Jika awak kabin lain mengkritik keputusan saya, saya
akan menamparnya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
31. Saya
merasa setiap kritikan rekan sebagai landasan awal untuk meningkatkan
keterampilan saya sebagai FSM.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
32. Jika
saya menemui seorang penumpang yang rewel, saya akan mencoba segala kiat yang
dapat menenangkannya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
33. Jika
saya gagal membina awak kabin lain, saya akan berusa lebih keras lagi pada
penerbangan berikutnya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
34. Saya
menerapkan segala teknik jika harus menangani seorang penumpang yang sedang
kritis selama penerbangan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
35. Saya
belum bersedia menyerah menghadapi segala kesulitan jika belum mencoba banyak
hal.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
36. Saya
tidak memperdulikan kesalahan yang diperbuat awak kabin jika telah saya tegur
sekali.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
37. Saya
berusaha mencari penyebab setiap kesulitan yang saya alami meskipun harus
mengorbankan jadwal tidur saya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
38. Saya
menghindari bekerjasama dengan awak kabin yang suka bikin masalah selama
penerbangan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
39. Jika
seorang penumpang memprotes menu makanan, saya akan berusaha semaksimal mungkin
memberikan pengertian kepadanya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
40. Jika
seorang penumpang menjerit histeris ketika pesawat mengalami turbulance, saya
akan memarahinya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
LAMPIRAN 1.3
INSTRUMEN PENELITIAN VARIABEL PEMBINAAN KARIR (X2)
1.
Kesempatan pegawai untuk meningkatkan
keterampilannya melalui diklat internal organisasi merata bagi semua pegawai
perusahaan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
2. Kesempatan
pegawai untuk meningkatkan keterampilannya melalui diklat di luar yang
diselenggarakan organisasi terbuka lebar.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
3. Kesempatan
pegawai untuk meningkatkan pendidikan formalnya sangat banyak.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
4.
Dorongan perusahaan terhadap pegawai untuk
meningkatkan pendidikan formalnya tidak ada sama sekali.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
5. Pendistribusian
kesempatan pegawai mengikuti diklat sangat adil.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
6. Kesempatan
pegawai untuk mengikuti kegiatan seminar yang terkait dengan bidang tugasnya
terbuka luas.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
7. Kesempatan
pegawai untuk meningkatkan keterampilannya melalui diklat internal organisasi
sangat banyak.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
8.
Kesempatan pegawai untuk menerima promosi telah
diterapkan dengan sangat adil.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
9. Kebijakan
penyusunan kesempatan promosi telah dapat dipahami semua pihak.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
10.
Persiapan yang diberikan kepada pegawai sebelum
dipromosikan sangat matang.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
11. Tenggat
waktu yang perlu dilewati sebelum mendapatkan promosi telah tertata secara
periodik.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
12. Pendistribusian
kesempatan promosi untuk setiap pegawai telah disusun berdasarkan prinsip
keadilan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
13. Kriteria
yang harus dicapai untuk mendapatkan promosi sangat jelas.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
14. Proses
untuk mendapatkan promosi dilakukan sangat tertutup.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
15. Kebijakan
pelaksanaan mutasi bagi pegawai hanya dipahami sekelompok kecil pegawai.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
16. Rentang
waktu yang diperlukan sebelum pelaksanaan mutasi bagi pegawai tidak tersusun
secara periodik.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
17. Sebelum
dimutasi, pegawai telah diberikan
kesempatan belajar terlebih dahulu..
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
18.
Kesempatan bagi setiap pegawai mendapatkan mutasi
merata antara air crew dengan petugas ground
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
19. Respon
pimpinan terhadap permintaan pegawai untuk mendapatkan mutasi.sangat dingin.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
20. Pimpinan
telah menggambarkan alasan dilakukannya mutasi secara gamblang.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
21. Kesempatan
awak kabin untuk dimutasi ke ground.telah tertutup sama sekali.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
22. Setiap
pegawai telah memiliki kesempatan yang sama untuk meningkatkan jabatannya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
23. Pegawai
yang akan menduduki jabatan yang lebih tinggi telah dibekali terlebih dahulu
melalui serangkaian pelatihan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
24. Kriteria
prestasi yang diperlukan untuk mendapat-kan jabatan yang lebih tinggi telah
dapat dipahami semua pegawai.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
25. Kriteria
usia yang diperlukan untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi sangat kabur.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
26. Gambaran
kriteria kompetensi yang diperlukan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi
tidak ada sama sekali.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
27. Upaya
untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi mustahil dicapai tanpa menyiapkan
uang yang banyak.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
28. Jabatan
yang lebih tinggi hanya diberikan kepada pegawai yang”dekat” dengan pimpinan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
29. Organisasi
telah memberikan tugas-tugas baru kepada setiap pegawai secara periodik.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
30.
Pendistribusian tugas-tugas baru hanya diberikan
pada unit kerja tertentu.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
31. Pegawai
unit tertentu telah diperbantukan pada unit lain agar memahami proses kerja
pada unit tersebut.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
32.
Pegawai pada unit kerja saya merasa telah bosan
karena lingkup tugasnya sangat monoton.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
33. Tambahan
tugas baru hanya diperuntukkan bagi pegawai di ground.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
34. Kebijakan
penambahan tugas baru tidak dikomuni-kasikan sebelumnya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
35. Penambahan
tugas baru diiringi dengan penambahan insentif.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
36. Pimpinan
sering mendelegasikan tugasnya kepada pegawai yang lebih senior.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
37. Peningkatan
jabatan tidak seiring dengan peningkatan tanggung jawabnya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
38. Peningkatan
jabatan di organisasi ini selaras dengan peningkatan pendapatannya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
39. Meskipun
jabatan meningkat, kewenangan setiap pegawai tetap dibatasi.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
40. Peningkatan
kewenangan hanya diberikan pada pegawai yang dekat dengan pimpinan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
41. Pimpinan
tidak peduli dengan masa kerja yang telah dilalui setiap pegawai.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
42. Penjenjangan
karir di organisasi sudah angat tertata dengan jelas.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
LAMPIRAN 1.4
INSTRUMEN PENELITIAN VARIABEL BUDAYA ORGANISASI (X3)
- Saya melihat pimpinan mendelegasikan
hampir semua pekerjaannya kepada semua pegawai.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Saya menyadari para pegawai
dimata-matai oleh orang kepercayaan pimpinan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Saya berpendapat hampir semua
proses pekerjaan yang dilakukan bawahan diperiksa secara ketat.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut pandangan saya, setiap
usul bawahan didengar oleh pimpinan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut hemat saya, para
bawahan memiliki kebebasan menetapkan proses penyelesaian pekerjaannya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Saya melihat pimpinan
menyempatkan diri menanyakan kesulitan yang dialami bawahan setiap pagi.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Saya menilai setiap bawahan
yang mendapat kesulitan akan mengalami kesukaran menemui pimpinan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut pengamatan saya, minimal sekali
seminggu kantor melakukan kegiatan coffee morning.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Berdasarkan hasil pengamatan
saya, para pegawai sangat terbuka membicarakan kesulitan mereka pada
pegawai lain.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Saya melihat setiap pegawai
merasa kesulitan mengemukakan ide-idenya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Saya menilai setiap ide pegawai
sangat dihargai oleh pimpinan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Berdasarkan hasil pengamatan
saya, jika ada ide baru dari pegawai, pimpinan akan menindak-lanjutinya
segera.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut hemat saya, pimpinan akan sangat
marah jika usulan pegawai bertentangan dengan kebijakannya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut hemat saya, pimpinan sangat
mendorong suasana yang kompetitif.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut hemat saya, pimpinan kurang
merespon setiap ide-ide pegawai.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Dalam setiap rapat kerja, jika
seorang pegawai memberikan ide baru, pimpinan akan melemparkannya ke floor.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut hemat saya, pegawai
tidak dapat bekerjasama dengan pegawai lainnya meskipun dalam satu unit
kerja.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut hemat saya, pegawai
senantiasa bekerjasama dengan pegawai dari unit kerja lain.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Saya melihat jika ada pegawai
yang sedang menghadapi masalah, para pegawai berlomba-lomba membantunya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Saya menyimpulkan setiap
pegawai bersedia bekerjasama dalam memecahkan setiap masalah pekerjaannya
kepada semua pegawai.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut pengamatan saya,
masing-masing pegawai sangat menghargai cara kerja rekan-rekannya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Berdasarkan penilaian saya, pimpinan banyak melakukan intervensi
terhadap cara kerja bawahannya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut hemat saya, meskipun
telah didelegasikan, pimpinan senantiasa memberikan petunjuk teknis kepada
pegawai yang ditugaskannya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Berdasarkan hasil pengamatan saya,
setiap aktivitas pegawai diperiksa secara sangat ketat oleh pimpinan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut hemat saya, pegawai kurang bebas
melakukan pembaharuan dalam proses kerjanya.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut hemat saya,
masing-masing unit kerja menutup diri dari pemantauan unit kerja lain.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Berdasarkan pengalaman saya,
informasi dalam satu unit kerja hanya dapat diakses melalui pimpinan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Berdasarkan pengalaman saya,
setiap pegawai bersedia memberikan informasi kepada pegawai lain yang
memerlukan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Berdasarkan pengalaman saya,
sangat sulit mendapatkan setiap informasi yang diperlukan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut hemat saya, hanya
kelompok tertentu yang dapat memanfaatkan akses informasi yang disediakan
perusahaan.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut penilaian saya, target kerja
yang dibebankan kepada setiap unit kerja sangat berat.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut penilaian saya,
kualitas setiap hasil kerja pegawai telah diperiksa secara ketat.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut hemat saya, kualitas kerja
setiap pegawai telah terukur.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
- Menurut penilaian saya, setiap
pegawai sangat memperhatikan kualitas kerjanya masing-masing.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d.
Tidak Setuju
- Menurut penilaian saya,
pimpinan sangat menghargai hasil kerja pegawai yang berkualitas.
a.
Sangat Setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak Setuju
Khusus untuk proses councelling Bapak / Ibu dapat menghubungi kami melalui 081210365573 atau email : www.ssukmaadnan@gmail.com
· Instrumen penelitian ini dapat dikembangkan untuk kebutuhan diri sendiri, organisasi maupun untuk penyusunan penelitian Tesis (S-2) maupun (S-3) Bagi anda para mahasiswa silahkan mencoba
Mohon diperiksa jawabannya dan terimakasih
Komentar
Posting Komentar