Langsung ke konten utama

INSTRUMEN PENELITIAN KINERJA AWAK KABIN


INSTRUMEN PENELITIAN KINERJA AWAK KABIN

Nama FSM            : ……………..(diisi awak kabin FA-1 & FA-2)
No Responden: ………………  (diisi oleh peneliti)


1.    Upaya yang dilakukan FSM dalam membantu awak kabin lainnya agar bekerja sama dengan baik.
      a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
2.    Kegiatan FSM dalam memantau aktivitas para awak kabin yang sedang mendemonstrasikan prosedur kesalamatan penerbangan.
     a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
3.  Pendekatan yang dilakukan FSM dalam menangani penumpang yang “sukar” memasang sabuk pengaman.
     a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
4. Pendekatan FSM agar penumpang yang kelihatan sakit memeriksakan kesehatannya terlebih dahulu pada dokter bandara.
     a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
5.  Kegiatan FSM dalam melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi awak kabin.
     a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
6. Kegiatan FSM dalam membantu Captain in command mengawasi tekanan udara di dalam pesawat.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
7. Pendekatan yang dilakukan FSM dalam menegur awak kabin yang lupa memakai pin sebelum menaiki pesawat.
      a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk

8.    Pendekatan yang dilakukan FSM dalam memberi teguran jika seorang awak kabin menolak memakai uniform penerbangan.
      a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
9.    Cara FSM menegur awak kabin yang bertanggung-jawab jika salah seorang penumpang belum memasang sabuk pengaman pada saat pesawat akan segera tinggal landas.
      a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
10.  Prosedur yang ditempuh FSM sebelum memberikan surat peringatan kepada awak kabin yang lalai membawa buku Petunjuk Acuan Penerbangan (PAP).
      a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
11.  Catatan FSM tentang semua kesalahan yang diperbuat awak kabin selama penerbangan.
      a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
12.  Tindakan FSM mengingatkan awak kabin agar melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
      a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
13.  Kegiatan FSM memberikan arahan kepada setiap awak kabin yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugasnya.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
14.  Upaya yang dilakukan FSM melatih kemampuan para awak kabin dalam melayani penumpang.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
15.  Kesempatan yang diberikan FSM kepada para awak kabin untuk menerapkan keterampilannya dalam melayani para penumpang.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
16.  Upaya yang dilakukan FSM untuk mengingatkan para awak kabin agar mentaati semua peraturan penerbangan.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
17.  Keramahan yang diperlihatkan FSM kepada setiap penumpang selama masa penerbangan.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
18.  Keakraban yang diperlihatkan FSM dengan semua awak kabin selama masa penerbangan.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
19.   Penanganan FSM terhadap penumpang yang sakit.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
20.   Keakraban FSM dengan para penumpang.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
21.  Kerjasama FSM dengan captain selama masa penerbangan.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
22.  Pelayanan FSM terhadap captain in command.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
23.  Upaya yang dilakukan FSM untuk mengetahui kesulitan yang dialami awak kabin.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
24.  Solusi yang diberikan FSM terhadap masalah yang dihadapi awak kabin.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
25.  Kerjasama FSM dengan petugas pasasi sebelum tinggal landas. 
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
26.  Kegiatan FSM dalam memeriksa jumlah penumpang sebelum memasuki pesawat tinggal landas.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk

27.  Upaya yang dilakukan FSM untuk mengetahui tujuan akhir penumpang pada pesawat yang dipimpinnya.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
28.  Teknik yang diterapkan FSM untuk memeriksa kesesuaian jumlah penumpang dengan daftar penumpang.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
29.  Upaya yang dilakukan FSM dalam menangani penumpang yang akan melanjutkan penerbangannya.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
30.  Koodinasi yang dilakukan FSM dengan petugas Pasasi dalam menangani penumpang yang akan ganti pesawat.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
31.  Upaya yang dilakukan FSM dalam memastikan kesiapan petugas rampa terlebih dahulu sebelum menaiki pesawat.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
32.  Tindakan yang diambil FSM agar pesawat berada di pintu keberangkatan yang benar sebelum menaiki pesawat.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
33.  Komunikasi FSM dengan perusahan catering yang memasok makanan ke pesawat.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
34.  Kerjasama yang dilakukan FSM dengan perusahaan jasa boga dalam meningkatkan mutu menu yang disediakan bagi penumpang.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
35.  Pemeriksaan yang dilakukan FSM untuk mengetahui jumlah persediaan makanan yang tersedia.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk

36.  Upaya yang dilakukan FSM agar persediaan makanan sesuai dengan kebutuhan selama penerbangan
37.  Teknik yang dilakukan FSM dalam memeriksa kelayakan makanan yang dipasok ke dalam pesawat.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk
38.  Tindakan yang dilakukan FSM jika kualitas makanan yang tersedia tidak memenuhi standar.
39.  Kegiatan FSM dalam memeriksa kondisi pelampung yang tersedia di pesawat
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk.
40.  Evaluasi yang dilakukan FSM untuk mengetahui berat beban bagasi sebelum pesawat tinggal landas.
a. Sangat Baik     b. Baik    c. Buruk     d. Sangat Buruk

LAMPIRAN 1.2
INSTRUMEN PENELITIAN VARIABEL KETAHAN-MALANGAN (X1)

No Responden :  ………………(diisi oleh peneliti)
1.    Jika saya menemui seorang penumpang yang rewel selama dalam penerbangan, saya merasa diri saya sangat tidak berguna.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
2.    Jika awak kabin menolak perintah saya dalam sebuah penerbangan, saya merasa hal itu sebagai hal yang wajar.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
3.    Jika petugas ramp menolak bekerja sama, saya merasa sangat terpukul.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju

4.    Jika pesawat yang saya awaki mengalami turbulance, saya mengira bahwa saya akan mati segera.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
5.    Jika pesawat saya mengalami gangguan teknis selama masa penerbangan,  saya merasa bahwa nasib saya sangat malang.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
6.    Jika penumpang mengadukan jeleknya kualitas makanan yang disedia-kan dalam penerbangan pada petugas ground, saya merasa bahwa saya sangat dilecehkan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
7.    Jika saya dibentak oleh Captain in Command karena lalai mengerjakan tugas, hal itu tidak berpengaruh negatif dalam melanjutkan tugas saya
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
8.    Jika saya menemui seorang penumpang yang sedang kritis selama penerbangan, saya merasa sial seumur hidup saya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
9.    Saya merasa tegang jika atasan di ground meminta saya agar datang ke kantornya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
10.  Jika saya tidak mampu menangani seorang penumpang yang sedang kritis selama penerbangan, saya akan meminta bantuan orang lain.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
11.  Saya akan merasa takut terbang lagi jika pesawat banyak mengalami hambatan selama satu penerbangan yang saya ikuti.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju

12.  Saya menyalahkan diri saya sendiri jika salah satu awak kabin lalai melakukan tanggungjawabnya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
13.  Saya merasa tidak pantas jadi FSM jika terus menerus harus memper-baiki kesalahan yang diperbuat oleh awak kabin lain.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
14.  Saya mengutuk diri saya sendiri karena telah memilih FSM sebagai profesi saya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
15.  Saya menjadi sangat takut keluar dari ruangan kabin jika ada penum-pang yang marah-marah selama penerbangan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
16.  Saya berusaha tetap tenang menghadapi setiap kemungkinan yang terjadi selama masa penerbangan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
17.  Saya menyalahkan petugas di ground jika kualitas makanan yang dipasok ke dalam pesawat di bawah standar yang ditetapkan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
18.  Saya menyalahkan captain in command jika pesawat mengalami kerusakan selama masa penerbangan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
19.  Saya merasa turut bertanggungjawab jika awak kabin tidak bersikap ramah kepada penumpang.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju


20.  Saya menyalahkan anggota keluarga jika saya lupa membawa ID card.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
21.  Jika salah seorang penumpang berteriak karena belum mendapat jatah makan, saya melayaninya dengan segera tanpa terlebih dahulu mencari awak yang bertanggungjawab.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
22.  Jika salah satu awak kabin tidak bisa melayani penumpang karena menderita sakit selama masa penerbangan, saya bersedia menggantikan posisinya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
23.  Saya bersedia memberikan jatah makan saya kepada penumpang jika memang sangat dibutuhkan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
24.  Ketika tugas saya memimpin awak kabin selesai, saya merasa telah keluar dari semua kesulitan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
25.  Saya menjadi tidak bersemangat bekerja jika mengetahui salah satu awak kabin gagal melaksanakan tugasnya karena sakit.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
26.  Gairah hidup saya akan hilang jika ditegur oleh pimpinan saya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
27.  Saya tidak bisa tidur dengan nyenak jika ditegur pimpinan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
28.  Saya bersedia berhenti jadi FSM jika awak kabin yang saya pimpin menolak untuk dibina.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
29.  Saya bersedia ditempatkan pada posisi yang lebih rendah di ground dari pada setiap penerbangan harus menghadapI penumpang yang rewel.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
30.  Jika awak kabin lain mengkritik keputusan saya, saya akan menamparnya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
31.  Saya merasa setiap kritikan rekan sebagai landasan awal untuk meningkatkan keterampilan saya sebagai FSM.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
32.  Jika saya menemui seorang penumpang yang rewel, saya akan mencoba segala kiat yang dapat menenangkannya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
33.  Jika saya gagal membina awak kabin lain, saya akan berusa lebih keras lagi pada penerbangan berikutnya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
34.  Saya menerapkan segala teknik jika harus menangani seorang penumpang yang sedang kritis selama penerbangan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
35.  Saya belum bersedia menyerah menghadapi segala kesulitan jika belum mencoba banyak hal.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
36.  Saya tidak memperdulikan kesalahan yang diperbuat awak kabin jika telah saya tegur sekali.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
37.  Saya berusaha mencari penyebab setiap kesulitan yang saya alami meskipun harus mengorbankan jadwal tidur saya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
38.  Saya menghindari bekerjasama dengan awak kabin yang suka bikin masalah selama penerbangan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
39.  Jika seorang penumpang memprotes menu makanan, saya akan berusaha semaksimal mungkin memberikan pengertian kepadanya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
40.  Jika seorang penumpang menjerit histeris ketika pesawat mengalami turbulance, saya akan memarahinya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju

LAMPIRAN 1.3
INSTRUMEN PENELITIAN VARIABEL PEMBINAAN KARIR (X2)
1.    Kesempatan pegawai untuk meningkatkan keterampilannya melalui diklat internal organisasi merata bagi semua pegawai perusahaan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
2.    Kesempatan pegawai untuk meningkatkan keterampilannya melalui diklat di luar yang diselenggarakan organisasi terbuka lebar.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
3.    Kesempatan pegawai untuk meningkatkan pendidikan formalnya sangat banyak.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
4.    Dorongan perusahaan terhadap pegawai untuk meningkatkan pendidikan formalnya tidak ada sama sekali.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
5.    Pendistribusian kesempatan pegawai mengikuti diklat sangat adil.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju

6.    Kesempatan pegawai untuk mengikuti kegiatan seminar yang terkait dengan bidang tugasnya terbuka luas.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
7.    Kesempatan pegawai untuk meningkatkan keterampilannya melalui diklat internal organisasi sangat banyak.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
8.    Kesempatan pegawai untuk menerima promosi telah diterapkan dengan sangat adil.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
9.    Kebijakan penyusunan kesempatan promosi telah dapat dipahami semua pihak.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
10.  Persiapan yang diberikan kepada pegawai sebelum dipromosikan sangat matang.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
11.  Tenggat waktu yang perlu dilewati sebelum mendapatkan promosi telah tertata secara periodik.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
12.  Pendistribusian kesempatan promosi untuk setiap pegawai telah disusun berdasarkan prinsip keadilan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
13.  Kriteria yang harus dicapai untuk mendapatkan promosi sangat jelas.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
14.  Proses untuk mendapatkan promosi dilakukan sangat tertutup.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
15.  Kebijakan pelaksanaan mutasi bagi pegawai hanya dipahami sekelompok kecil pegawai.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
16.  Rentang waktu yang diperlukan sebelum pelaksanaan mutasi bagi pegawai tidak tersusun secara periodik.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
17.  Sebelum dimutasi, pegawai  telah diberikan kesempatan belajar terlebih dahulu..
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
18.  Kesempatan bagi setiap pegawai mendapatkan mutasi merata antara air crew dengan petugas ground
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
19.  Respon pimpinan terhadap permintaan pegawai untuk mendapatkan mutasi.sangat dingin.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
20.  Pimpinan telah menggambarkan alasan dilakukannya mutasi secara gamblang.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
21.  Kesempatan awak kabin untuk dimutasi ke ground.telah tertutup sama sekali.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
22.  Setiap pegawai telah memiliki kesempatan yang sama untuk meningkatkan jabatannya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
23.  Pegawai yang akan menduduki jabatan yang lebih tinggi telah dibekali terlebih dahulu melalui serangkaian pelatihan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
24.  Kriteria prestasi yang diperlukan untuk mendapat-kan jabatan yang lebih tinggi telah dapat dipahami semua pegawai.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
25.  Kriteria usia yang diperlukan untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi sangat kabur.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
26.  Gambaran kriteria kompetensi yang diperlukan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi tidak ada sama sekali.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
27.  Upaya untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi mustahil dicapai tanpa menyiapkan uang yang banyak.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
28.  Jabatan yang lebih tinggi hanya diberikan kepada pegawai yang”dekat” dengan pimpinan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
29.  Organisasi telah memberikan tugas-tugas baru kepada setiap pegawai secara periodik.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
30.  Pendistribusian tugas-tugas baru hanya diberikan pada unit kerja tertentu.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
31.  Pegawai unit tertentu telah diperbantukan pada unit lain agar memahami proses kerja pada unit tersebut.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
32.  Pegawai pada unit kerja saya merasa telah bosan karena lingkup tugasnya sangat monoton.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
33.  Tambahan tugas baru hanya diperuntukkan bagi pegawai di ground.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
34.  Kebijakan penambahan tugas baru tidak dikomuni-kasikan sebelumnya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
35.  Penambahan tugas baru diiringi dengan penambahan insentif.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju

36.  Pimpinan sering mendelegasikan tugasnya kepada pegawai yang lebih senior.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
37.  Peningkatan jabatan tidak seiring dengan peningkatan tanggung jawabnya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
38.  Peningkatan jabatan di organisasi ini selaras dengan peningkatan pendapatannya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
39.  Meskipun jabatan meningkat, kewenangan setiap pegawai tetap dibatasi.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
40.  Peningkatan kewenangan hanya diberikan pada pegawai yang dekat dengan pimpinan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
41.  Pimpinan tidak peduli dengan masa kerja yang telah dilalui setiap pegawai.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
42.  Penjenjangan karir di organisasi sudah angat tertata dengan jelas.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju

LAMPIRAN 1.4
INSTRUMEN PENELITIAN VARIABEL BUDAYA ORGANISASI (X3)


  1. Saya melihat pimpinan mendelegasikan hampir semua pekerjaannya kepada semua pegawai.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Saya menyadari para pegawai dimata-matai oleh orang kepercayaan pimpinan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Saya berpendapat hampir semua proses pekerjaan yang dilakukan bawahan diperiksa secara ketat.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut pandangan saya, setiap usul bawahan didengar oleh pimpinan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut hemat saya, para bawahan memiliki kebebasan menetapkan proses penyelesaian pekerjaannya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Saya melihat pimpinan menyempatkan diri menanyakan kesulitan yang dialami bawahan setiap pagi.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Saya menilai setiap bawahan yang mendapat kesulitan akan mengalami kesukaran menemui pimpinan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut pengamatan saya, minimal sekali seminggu kantor melakukan kegiatan coffee morning.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Berdasarkan hasil pengamatan saya, para pegawai sangat terbuka membicarakan kesulitan mereka pada pegawai lain.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Saya melihat setiap pegawai merasa kesulitan mengemukakan ide-idenya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Saya menilai setiap ide pegawai sangat dihargai oleh pimpinan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Berdasarkan hasil pengamatan saya, jika ada ide baru dari pegawai, pimpinan akan menindak-lanjutinya segera.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut hemat saya, pimpinan akan sangat marah jika usulan pegawai bertentangan dengan kebijakannya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut hemat saya, pimpinan sangat mendorong suasana yang kompetitif.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut hemat saya, pimpinan kurang merespon setiap ide-ide pegawai.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Dalam setiap rapat kerja, jika seorang pegawai memberikan ide baru, pimpinan akan melemparkannya ke floor.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut hemat saya, pegawai tidak dapat bekerjasama dengan pegawai lainnya meskipun dalam satu unit kerja.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut hemat saya, pegawai senantiasa bekerjasama dengan pegawai dari unit kerja lain.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Saya melihat jika ada pegawai yang sedang menghadapi masalah, para pegawai berlomba-lomba membantunya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Saya menyimpulkan setiap pegawai bersedia bekerjasama dalam memecahkan setiap masalah pekerjaannya kepada semua pegawai.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut pengamatan saya, masing-masing pegawai sangat menghargai cara kerja rekan-rekannya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Berdasarkan penilaian saya,  pimpinan banyak melakukan intervensi terhadap cara kerja bawahannya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut hemat saya, meskipun telah didelegasikan, pimpinan senantiasa memberikan petunjuk teknis kepada pegawai yang ditugaskannya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Berdasarkan hasil pengamatan saya, setiap aktivitas pegawai diperiksa secara sangat ketat oleh pimpinan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut hemat saya, pegawai kurang bebas melakukan pembaharuan dalam proses kerjanya.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut hemat saya, masing-masing unit kerja menutup diri dari pemantauan unit kerja lain.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Berdasarkan pengalaman saya, informasi dalam satu unit kerja hanya dapat diakses melalui pimpinan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Berdasarkan pengalaman saya, setiap pegawai bersedia memberikan informasi kepada pegawai lain yang memerlukan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Berdasarkan pengalaman saya, sangat sulit mendapatkan setiap informasi yang diperlukan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut hemat saya, hanya kelompok tertentu yang dapat memanfaatkan akses informasi yang disediakan perusahaan.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut penilaian saya, target kerja yang dibebankan kepada setiap unit kerja sangat berat. 
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut penilaian saya, kualitas setiap hasil kerja pegawai telah diperiksa secara ketat.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut hemat saya, kualitas kerja setiap pegawai telah terukur.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut penilaian saya, setiap pegawai sangat memperhatikan kualitas kerjanya  masing-masing.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju
  1. Menurut penilaian saya, pimpinan sangat menghargai hasil kerja pegawai yang berkualitas.
a. Sangat Setuju    b. Setuju    c. Tidak berpendapat    d. Tidak Setuju

Khusus untuk proses councelling Bapak / Ibu dapat menghubungi kami melalui 081210365573 atau email : www.ssukmaadnan@gmail.com
·        Instrumen penelitian ini dapat dikembangkan untuk kebutuhan diri sendiri, organisasi maupun untuk penyusunan penelitian Tesis (S-2) maupun (S-3) Bagi anda para mahasiswa silahkan mencoba

Mohon diperiksa  jawabannya dan terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTRUMEN PENELITIAN MOTIVASI INTENSITAS BELAJAR SISWA

K U E S I O N E R MTOIVASI INTENSITAS BELAJAR SISWA 1.        Saya membuat kebijakan untuk memperhatikan istirahat belajar agar siswa tidak mengalami kejenuhan Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 2.        Saya menciptakan metode motivasi persuasive kepada sioswa agar mereka rajin belajar Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 3.        Saya memberikan tugas tambah-an kepada siswa selain dari guru mereka Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 4.   ...

Tata Kelola Keuangan Negara

I.       PENDAHULUAN Bangkitnya era reformasi bangsa Indonesia pada tahun 1998 yang ditandai oleh adanya pergantian kepemimpinan pemerintahan negara Indonesia dan merubah seluruh tatanan kehidupan bangsa telah membawa kehidupan bangsa Indonesia kearah perubahan paradigma secara multi kompleks, termasuk perubahan paradigma dari tatanan keuangan negara yang transparan, profesional dan akuntabel. Reformasi pengelolaan keuangan negara ini mencakup adanya keleluasaan di dalam pengurusan keuangan negara, baik pengurusan keuangan negara di pusat dan khususnya lebih terasa bagi pemerintahan daerah dalam rangka mengelola sumber pendapatan dan membelanjakannya sesuai dengan APBD/APBN yang disyahkan oleh KL/DPRD. Berdasarkan keleluasaan dalam pengelolaan keuangan negara maka terjadi pula perubahan paradigma pengawasan yang semula dilakukan secara vertikal dan bercirikan sentralistis, hirarkis maka berubah menjadi horizonta...

PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN

PENGUKURAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER 1.            Pada halaman berikut ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu beberapa pernyataan yang menggambarkan persepsi, pengalaman, sikap dan perilaku individu kapasitas Bapak/Ibu sebagai pimpinan untuk dapat di pakai mengukur   Produktivitas kerja karyawan yang ideal 2.            Isi dan pilihlah alternative jawaban yang menurut Bapak/Ibu paling sesuai berdasarkan persepsi dan pengalaman kerja. Untuk memberikan jawaban atas pernyataan dalam kuesioner ini disediakan alternative jawaban yang berskala Likert, pada Tabel berikut ini: Pilihlah salah satu jawaban sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 1.       Saya selalu dapat memanfaatkan waktu kerja yang disediakan dalam melaksanakan tugas. a.    Sangat Setuju ...