Langsung ke konten utama

INSTRUMEN PENELITIAN KEINOVATIFAN


INSTRUMEN PENELITIAN KEINOVATIFAN
Daftar Kuesioner dapat digunakan untuk penelitian Program Magister S-2 atau Program Doktoral S-3

a.  Definisi Konseptual
Secara konseptual yang dimaksudkan dengan keinovatifan adalah kepekaan terhadap ide-ide, produk-produk, dan proses baru atau yang dianggap baru dengan indikator (1) menerima dan memahami ide-ide atau gagasan-gagasan baru, (2) menerima dan menerapkan peralatan kerja yang baru, (3) memahami dan menerapkan prosedur kerja yang baru.
b.  Definisi Operasional
Secara operasional yang dimaksudkan dengan keinovatifan dalam penelitian ini adalah skor yang diperoleh melalui sebuah angket yang menggambarkan tinggi rendahnya kepekaan terhadap ide-ide, produk-produk, dan proses baru atau yang dianggap baru dengan indikator (1) menerima dan memahami ide-ide atau gagasan-gagasan baru, (2) menerima dan menerapkan peralatan kerja yang baru, (3) memahami dan menerapkan prosedur kerja yang baru.
c.  Kisi-kisi Instrumen
Berdasarkan definisi operasional di atas, dikembang-kanlah instrumen penelitian yang direncanakan berbentuk sebagai berikut.
Tabel  3.3  Kisi-kisi Instrumen Keinovatifan


Dimensi
Indikator
Butir
Jml
No Butir

Menerima
Memahami
Menerapkan
Ide-ide baru;
7
1    7
Peralatan kerja baru 
7
8 –  14
Sistem kerja baru
7
15 – 21
Prosedur kerja baru
7
22 – 28
J  u  m  l  a  h
28 butir


1. Saya menanyakan setiap hal baru yang belum saya pahami.
a.    Selalu
a.       Sering
b.      Kadang-kadang
c.       Jarang .
d.      Tidak Pernah.
2. Saya mencari informasi lain jika informasi yang saya terima kurang memuaskan.   
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah
3.  Saya tertarik mempelajari hal baru yang belum digunakan banyak orang.
a.        Selalu
      b.   Sering
      c.   Kadang-kadang
     d.   Jarang
     e.   Tidak pernah
4.      Saya hanya tertarik menggunakan sesuatu yang baru jika orang lain telah banyak menggunakannya.
     a.   Selalu
     b.   Sering
     c.   Kadang-kadang
     d.   Jarang
     e. Tidak pernah
5.      Saya tertarik berteman dengan rekan kerja yang banyak memiliki ide baru.
      a.   Selalu
     b.   Sering
     c.   Kadang-kadang
     d.   Jarang
     e. Tidak pernah
6.      Saya segera berusaha mempraktekkan hal baru yang telah saya pelajari.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
7.      Saya mengikuti perkembangan terbaru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
8.      Saya tertarik mempelajari setiap alat baru yang digunakan di kantor saya
       a.   Selalu
a.       Sering
b.      Kadang-kadang
c.       Jarang
d.      Tidak pernah.
9.      Saya mengajak rekan kantor untuk mencoba cara baru agar penanganan pekerjaan di kantor dapat lebih efisien.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
10.  Saya tidak menggunakan alat baru yang terbukti dapat lebih meringankan pekerjaan
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
11.  Saya berusaha membuktikan sendiri informasi baru yang saya terima.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
12.  Saya mengkaji untung rugi penggunaan alat baru sebelum memutuskan untuk menggunakannya.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
13.  Saya berusaha mengetahui efektivitas penggunaan alat baru yang diperkenalkan kepada saya.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-Kadang
d.      Jarang.
e.       Tidak Pernah.
14.  Saya berusaha meyakinkan rekan kerja menggunakan peralatan kerja baru yang dapat membantu peningkatan produktivitas kerja.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang.
e.       Tidak Pernah.
15.  Saya membandingkan manfaat yang diterima dengan harga yang dibayarkan sebelum memutuskan untuk menggunakan alat kerja baru.
a.       Selalu.
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
16.  Dibandingkan dengan rekan lain, saya menjadi orang lebih dahulu dapat menggunakan setiap peralatan baru yang ada di kantor.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang.
e.       Tidak pernah.
17.  Dibandingkan rekan lain, Saya adalah orang pertama yang mengetahui kerugian setiap penggunaan cara kerja baru yang diterapkan di  kantor.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak Pernah.
18.  Saya dapat memahami setiap orang yang tidak sependapat dengan saya.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang.
e.       Tidak Pernah.
19.  Saya berusaha untuk mengikuti setiap kegiatan diskusi di kantor.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang.
e.       Tidak Pernah.
20  Saya berusaha bergaul dengan semua rekan kantor.
a.   Selalu
a.       Sering
b.      Kadang-kadang
c.       Jarang
d.      Tidak pernah
21. Di luar kantor, saya mengikuti semua kegiatan sosial lingkungan.
  1. Selalu
  2. Sering
  3. Kadang-kadang
  4. Jarang
  5. Tidak pernah
22. Saya dapat mendeteksi setiap ketidak-beresan yang terjadi di kantor.
  1. Selalu
  2. Sering
  3. Kadang-kadang
  4. Jarang
  5. Tidak pernah.
23. Saya tidak mempercayai ucapan orang msekipun sahabat sendiri.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
24. Saya prihatin jika pekerjaan pada bagian lain tidak pernah beres sesuai dengan  
      waktunya.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
25. Saya aktif dalam berbagai kegiatan sosial yang diadakan kantor.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
26. Saya tidak marah jika ada pihak yang berseberangan pendapat dengan saya.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
27. Saya dapat meyakinkan semua rekan saya untuk menangani masalah yang kami temuai dengan baik.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
28. Saya mengikuti semua kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal saya.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
29. Saya terbuka pada perubahan yang terjadi di sekitar kehidupan saya.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.
30. Saya mencoba menerapkan setiap cara kerja baru saya pelajari.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah.


Instrumen penelitian ini dapat dikembangkan untuk kebutuhan penelitian program Magister (S-2) dan Program Doktoral (S-3)

Untuk kebutuhan konselling dapat menghubungi DR. Sadar Sukma Adnan, SE. M.Pd., email ssukmaadnan@gmail.com, no. Hp. 081210365573







Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTRUMEN PENELITIAN MOTIVASI INTENSITAS BELAJAR SISWA

K U E S I O N E R MTOIVASI INTENSITAS BELAJAR SISWA 1.        Saya membuat kebijakan untuk memperhatikan istirahat belajar agar siswa tidak mengalami kejenuhan Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 2.        Saya menciptakan metode motivasi persuasive kepada sioswa agar mereka rajin belajar Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 3.        Saya memberikan tugas tambah-an kepada siswa selain dari guru mereka Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 4.   ...

Tata Kelola Keuangan Negara

I.       PENDAHULUAN Bangkitnya era reformasi bangsa Indonesia pada tahun 1998 yang ditandai oleh adanya pergantian kepemimpinan pemerintahan negara Indonesia dan merubah seluruh tatanan kehidupan bangsa telah membawa kehidupan bangsa Indonesia kearah perubahan paradigma secara multi kompleks, termasuk perubahan paradigma dari tatanan keuangan negara yang transparan, profesional dan akuntabel. Reformasi pengelolaan keuangan negara ini mencakup adanya keleluasaan di dalam pengurusan keuangan negara, baik pengurusan keuangan negara di pusat dan khususnya lebih terasa bagi pemerintahan daerah dalam rangka mengelola sumber pendapatan dan membelanjakannya sesuai dengan APBD/APBN yang disyahkan oleh KL/DPRD. Berdasarkan keleluasaan dalam pengelolaan keuangan negara maka terjadi pula perubahan paradigma pengawasan yang semula dilakukan secara vertikal dan bercirikan sentralistis, hirarkis maka berubah menjadi horizonta...

PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN

PENGUKURAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER 1.            Pada halaman berikut ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu beberapa pernyataan yang menggambarkan persepsi, pengalaman, sikap dan perilaku individu kapasitas Bapak/Ibu sebagai pimpinan untuk dapat di pakai mengukur   Produktivitas kerja karyawan yang ideal 2.            Isi dan pilihlah alternative jawaban yang menurut Bapak/Ibu paling sesuai berdasarkan persepsi dan pengalaman kerja. Untuk memberikan jawaban atas pernyataan dalam kuesioner ini disediakan alternative jawaban yang berskala Likert, pada Tabel berikut ini: Pilihlah salah satu jawaban sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 1.       Saya selalu dapat memanfaatkan waktu kerja yang disediakan dalam melaksanakan tugas. a.    Sangat Setuju ...