Langsung ke konten utama

Kiat Kiat Mengembangkan Kekohesifan


KIAT KIAT MENGEMBANGKAN KEKOHESIFAN
(keterikatan dan keterpaduan anggota organisasi untuk bekerjasama)
DATA RESPONDEN
Nama Responden
Pengalaman Kerja
: ……………………………………………………………..
: ……………..Bulan ………………………Tahun

PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER
1.         Pada halaman berikut ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu beberapa pernyataan yang menggambarkan persepsi, pengalaman, sikap dan perilaku individu kapasitas Bapak/Ibu sebagai pimpinan untuk dapat dipakai mengukur  gaya kepemimpinan yang ideal
2.         Isi dan pilihlah alternative jawaban yang menurut Bapak/Ibu paling sesuai berdasarkan persepsi dan pengalaman kerja.
Untuk memberikan jawaban atas pernyataan dalam kuesioner ini disediakan alternative jawaban yang berskala Likert, pada Tabel berikut ini:

Kiat-kiat Mengembangkan Kekohesifan

No.
Keterangan
SS
S
Rg
TS
STS
1
Para pegawai di perusahaan ini saling memuji jika dapat menyelesaikan pekerjaan lebih awal





2
Para pegawai di perusahaan ini saling membantu tidak hanya dalam masalah pekerjaan, tetapi juga dalam menghadapi masalah pribadi





3
Jika terjadi kesalahan dalam pekerjaan, para pegawai saling menuduh satu sama lain





4
Para pegawai di perusahaan ini saling memahami perasaan rekan kerjanya





5
Para pegawai di perusahaan ini saling  terbuka satu sama lain





6
Para pegawai saling mendengarkan keluhan rekan-rekannya di perusahaan ini





7
Para pegawai di perusahaan ini memecahkan masalah yang dihadapi rekan-rekannya secara bersama-sama





8
Para pegawai di perusahaan ini saling menghargai pendapat rekan-rekannya





9
Para pegawai di perusahaan ini tidak sungkan-sungkan untuk meminta pertolongan kepada rekannya





10
Tidak jarang para pegawai terlibat adu mulut yang menjurus pada tindak kekerasan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor di perusahaan ini





11
Para pegawai di perusahaan ini saling mengingatkan satu sama lain agar pekerjaan dapat diselesaikan lebih baik





12
Para pegawai di perusahaan ini saling membantu jika salah seorang rekannya menghadapi kesulitan





13
Para pegawai di perusahaan ini saling meminjam peralatan kerja yang dimilikinya





14
Para pegawai di perusahaan ini mendiskusikan setiap peraturan agar memiliki pemahaman yang sama





15
Para pegawai di perusahaan ini membantu pekerjaan pegawai lain tanpa harus diminta





16
Para pegawai senior tidak menyenangi pegawai baru di perusahaan ini





17
Para pegawai di perusahaan ini menyimpan informasi yang diketahuinya





18
Pegawai senior membagi pengalamannya dengan pegawai baru di perusahaan ini





19
Pegawai yang lebih terampil mengajari pegawai baru agar pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat





20
Pegawai baru merasa senang jika diajari pegawai yang lebih senior





21
Para pegawai saling menukar pegalamannya masing-masing di waktu senggang





22
Para pegawai di perusahaan ini menyimpan arsipnya pada tempat yang sukar ditemukan orang lain





23
Pegawai yang baru masuk diejek oleh  seniornya





24
Para Pegawai menghargai pegawai yang baru masuk tanpa melihat pengalamannya sama sekali





25
Para pegawai berusaha untuk tidak mengeluarkan kata-kata yang dapat menyinggung perasaan pegawai lain





26
Setiap pegawai mengingatkan pegawai lain agar memelihara kode etik bekerja di kelompok mereka





27
Setiap pegawai memakai pakaian yang sesuai dengan ketentuan kelompok mereka





28
Setiap pegawai datang bekerja sesuai dengan ketentuan yang mereka buat





29
Tidak ada batasan antara pegawai senior dan yang baru di perusahaan ini selama mereka dapat mengikuti aturan kelompoknya





30
Beberapa pegawai diejek pegawai lain meskipun telah mengikuti aturan kelompok





31
Aturan yang telah dibuat kelompok pegawai diikuti pegawai sebagai acuan tambahan dalam bekerja





32
Pegawai yang melanggar aturan kelompok dikucilkan dari kelompok






 Keterangan :
1.      Opsi opsi dalam pengisian alternatif pilihan Bapak/Ibu yaitu:
·            S        Selalu
·            Sr      Sering
·            KK     Kadang kadang
·            JR      Jarang
·            TP      Tidak Pernah

2.      Interpretasi hasil score pilihan Bapak / Ibu dapat di deskripsikan sebagai berikut:
·       < 58          Kekohesifan (keterpaduan dalam bekerjasama) yang ada kurang ideal, sehingga akan mempengaruhi rendahnya kinerja organisasi.
Solusi permasalahan tersebut adalah perlu melakukan up grade kemampuan anggota organisasi untuk mengembangkan keterpaduan bekerjasama melalui proses councelling, studi banding maupun pelatihan
·       59 – 62      Kekohesifan yang ada kurang produktif, masih perlu ditinjau ulang untuk meningkatkan prestasi kerja.
Solusi untuk meningkatkan kekohesifan organisasi perlu mendiagnosa kebutuhan aktual dari anggota dan kebutuhan organisasi dan perlu meng up grade rasa tanggung jawab dan rasa memiliki dalam bekerja  melalui proses councelling dan pelatihan.
·       63 – 71      Kekohesifan kelompok kerja cukup produktif untuk prestasi kerja organisasi
Namun kinerja yang telah tercipta ini pada prinsipnya dalam kategori biasa biasa saja, sehingga masih perlu digali sesuatu modal yang terpendam dalam diri semua anggota organisasi yang belum tersalur secara utuh dari tingkat produktivitas diri.
·       > 72          Kekohesifan kelompok kerja diorganisasi saudara sudah sangat ideal dalam rangka meningkatkan prestasi kerja organisasi
Kekohesifan yang sudah ada saat kini sangat ideal  sehingga diperlukan untuk mempertahankan prestasi kerja yang ada disamping selalu melakukan penyesuaian terhadap tuntutan perubahan

3.       Khusus untuk proses councelling Bapak / Ibu dapat menghubungi kami melalui 085697158977 atau email : www.ssukmaadnan@gmail.com

4.     Instrumen Kiat kiat mengembangkan kekohesifan ini dapat dikembangkan untuk kebutuhan penyusunan penelitian skripsi (S-1), Tesis (S-2) maupun (S-3) Bagi anda para mahasiswa silahkan mencoba dan kami siap membantu untuk mebimbing penyelesaian skripsi, tesis dan disertasi saudara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTRUMEN PENELITIAN MOTIVASI INTENSITAS BELAJAR SISWA

K U E S I O N E R MTOIVASI INTENSITAS BELAJAR SISWA 1.        Saya membuat kebijakan untuk memperhatikan istirahat belajar agar siswa tidak mengalami kejenuhan Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 2.        Saya menciptakan metode motivasi persuasive kepada sioswa agar mereka rajin belajar Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 3.        Saya memberikan tugas tambah-an kepada siswa selain dari guru mereka Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 4.   ...

Tata Kelola Keuangan Negara

I.       PENDAHULUAN Bangkitnya era reformasi bangsa Indonesia pada tahun 1998 yang ditandai oleh adanya pergantian kepemimpinan pemerintahan negara Indonesia dan merubah seluruh tatanan kehidupan bangsa telah membawa kehidupan bangsa Indonesia kearah perubahan paradigma secara multi kompleks, termasuk perubahan paradigma dari tatanan keuangan negara yang transparan, profesional dan akuntabel. Reformasi pengelolaan keuangan negara ini mencakup adanya keleluasaan di dalam pengurusan keuangan negara, baik pengurusan keuangan negara di pusat dan khususnya lebih terasa bagi pemerintahan daerah dalam rangka mengelola sumber pendapatan dan membelanjakannya sesuai dengan APBD/APBN yang disyahkan oleh KL/DPRD. Berdasarkan keleluasaan dalam pengelolaan keuangan negara maka terjadi pula perubahan paradigma pengawasan yang semula dilakukan secara vertikal dan bercirikan sentralistis, hirarkis maka berubah menjadi horizonta...

PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN

PENGUKURAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER 1.            Pada halaman berikut ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu beberapa pernyataan yang menggambarkan persepsi, pengalaman, sikap dan perilaku individu kapasitas Bapak/Ibu sebagai pimpinan untuk dapat di pakai mengukur   Produktivitas kerja karyawan yang ideal 2.            Isi dan pilihlah alternative jawaban yang menurut Bapak/Ibu paling sesuai berdasarkan persepsi dan pengalaman kerja. Untuk memberikan jawaban atas pernyataan dalam kuesioner ini disediakan alternative jawaban yang berskala Likert, pada Tabel berikut ini: Pilihlah salah satu jawaban sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 1.       Saya selalu dapat memanfaatkan waktu kerja yang disediakan dalam melaksanakan tugas. a.    Sangat Setuju ...