Mengukur Produktivitas Sekolah
Menengah Kejuruan
Semua pertanyaan ini terkait dengan kegiatan akademik dalam
satu Tahun Akademik yang lalu. Silahkan pilih jawaban yang sesungguhnya terjadi
pada tahun akademik tersebut!
1.
Jumlah
mengulang yang mengulang pada kelas satu?
a. ³ 5 orang b. 3 –
4 orang c. 1 – 2 orang d. Tidak ada
2.
Jumlah
mengulang yang mengulang pada kelas dua?
a. ³ 5 orang b. 3 –
4 orang c. 1 – 2 orang d. Tidak ada
3.
Jumlah
mengulang yang mengulang pada kelas tiga?
a. ³ 5 orang b. 3 –
4 orang c. 1 – 2 orang d. Tidak ada
4.
Prosentase
kelulusan EBTA tahap pertama?
a. ³ 70% b. 71 – 80% c
81 – 90% d.
91 – 100%
5.
Prosentase
kelulusan secara keseluruhan EBTA tahap kedua?
a. ³ 70% b. 71 – 80% c
81 – 90% d.
91 – 100%
6.
Jumlah siwa
yang berhenti`pada kelas satu?
a. ³ 5 orang b. 3 –
4 orang c. 1 – 2 orang d. Tidak ada
7.
Jumlah siwa
yang berhenti`pada kelas dua?
a. ³ 5 orang b. 3 –
4 orang c. 1 – 2 orang d. Tidak ada
8.
Jumlah siwa
yang berhenti`pada kelas tiga ?
a. ³ 5 orang b. 3 –
4 orang c. 1 – 2 orang d. Tidak ada
9.
Prosentase
jumlah siswa pria yang mampu menyelesaikan pendidikan tepat waktu?
a. < 95% b. 96 – 97% c. 98 – 99% d.
100%
10. Prosentase jumlah siswa wanita yang mampu menyelesaikan
pendidikan tepat waktu?
a.
100% b. 98 – 99% c.
96 – 97% d.
< 95%
11. Jumlah siswa yang menyelesaikan pendidikannya lebih
satu tahun dari yang seharusnya dapat diselesaikan?
a. ³ 5 orang b. 3 –
4 orang c. 1 – 2 orang d. Tidak ada
12. Jumlah siswa menyelesaikan pendidikannya lebih dari dua
tahun atau lebih dari yang seharusnya dapat diselesaikan?
a. ³ 5 orang b. 3 –
4 orang c. 1 – 2 orang d. Tidak ada
13. Prosentase jumlah siswa kelas satu yang bertahan hingga
ke dua?
a. ³ 5 orang b. 3 –
4 orang c. 1 – 2 orang d. Tidak ada
14. Prosentase Jumlah siswa kelas dua yang bertahan hingga
ke tiga?
a. < 96% b. 96 – 97% c. 98 – 99% d. 100%
15. Prosentase jumlah siswa kelas tiga yang bertahan hingga
lulus?
a. < 96% b. 96 – 97% c. 98 – 99% d. 100%
16. Jumlah jenis keterampilan yang diberikan kepada siswa
yang sesuai dengan jurusannya?
a. 1 jenis b. 2 jenis c. 3
jenis d. ³ 4 jenis
17. Jumlah jenis keterampilan yang diberikan kepada siswa
di luar jurusannya?
a. 1 jenis b. 2 jenis c. 3
jenis d. ³ 4 jenis
18. Tingkatan keterampilan yang diberikan hingga lulus
sekolah?
a. Setara Dasar 1 b.
Setara Dasar 2 c. Setara Terampil 1 d. Setara Terampil 2.
19. Fasilitas yang digunakan untuk memberikan keterampilan
kepada siswa
a.
Sangat Tidak Lengkap b. Kurang
Lengkap c. Lengkap d. Sangat Lengkap
20. Prosentase pria lulusan tahun 2003/2004 yang
mendapatkan pekerjaan.
a. 1 – 24 % b.
25 – 29% c. 50
– 74% d. 75 – 100%
21. Prosentase wanita lulusan tahun 2003/2004 yang
mendapatkan pekerjaan.
a. 1 – 25 % b.
26 – 50% c. 51
– 75% d. 76 – 100%
22. Prosentase pria lulusan tahun-tahun sebelum tahun
ajaran 2003/2004 yang mendapatkan pekerjaan.
a. 1 – 25 % b.
26 – 50% c. 51
– 75% d. 76 – 100%
23. Prosentase wanita lulusan tahun-tahun sebelum tahun
ajaran 2003/2004 yang mendapatkan pekerjaan
a. 1 – 24 % b.
25 – 29% c. 50
– 74% d. 75 – 100%
24. Prosentase lulusan dari kelompok pria yang mendapatkan
pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya.
a. 1 – 25 % b.
26 – 50% c. 51
– 75% d. 76 – 100%
25. Prosentase lulusan dari kelompok wanita yang
mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya.
a. 1 – 25 % b.
26 – 50% c. 51
– 75% d. 76 – 100%
26. Prosentase lulusan dari kelompok pria yang mendapatkan
gaji yang sesuai dengan tingkat pendidikannya.
a. 1 – 25 % b.
26 – 50% c. 51
– 75% d. 76 – 100%
27. Prosentase lulusan dari kelompok wanita yang
mendapatkan gaji yang sesuai dengan tingkat pendidikannya.
a. 1 – 25 % b.
26 – 50% c. 51
– 75% d. 76 – 100%
28. Kesesuaian keterampilan para lulusan dengan tuntutan
pekerjaannya.
a. Sangat Sesuai b. Sesuai
c. Tidak Sesuai d. Sangat Tidak
Sesuai
29. Kemampuan para lulusan mengimplementasikan keterampilan
yang diperoleh dari sekolah di tempat kerjanya.
a. Sangat Baik b. Baik c. Buruk d.
Sangat Buruk
30. Frekuensi penggunaan keterampilan yang diperoleh dari
sekolah di tempat kerjanya.
a. Sangat Tinggi b. Tinggi c. Rendah d.
Sangat Rendah
31. Komentar para pemakai lulusan terhadap keterampilan
para lulusan.
a. Sangat Baik b. Baik c. Buruk d.
Sangat Buruk
Keterangan :
1.
Sistem penilaian akan
diberikan score untuk :
a) 4; b) 3; c) 2; d) 1
2.
Interpretasi hasil score pilihan anda dapat di deskripsikan
sebagai berikut:
· < 78 Produktivitas sekolah yang ada kurang ideal, sehingga
akan mempengaruhi rendahnya prestasi kerja organisasi di sekolah
Solusi
permasalahan tersebut adalah perlu melakukan up grade kemampuan mengelola proses pendidikan yang
produktif melalui proses councelling, studi banding maupun
pelatihan
· 79 – 82 Produktivitas sekolah
yang ada kurang produktif, masih perlu ditinjau ulang untuk meningkatkan prestasi kerja organisasi kerja di sekolah
Solusi
untuk meningkatkan produktivitas
sekolah organisasi perlu mendiagnosa kebutuhan aktual dari anggota
organisasi dan perlu meng up grade kemampuan dan keterampilan mengelola produktivitas sekolah melalui
proses councelling dan pelatihan.
· 93 – 101 Produktivitas sekolah
yang ada cukup produktif untuk prestasi kerja organisasi
Namun produktivitas sekolah
yang telah tercipta ini pada prinsipnya dalam kategori biasa biasa saja, sehingga
masih perlu digali sesuatu modal terpendam yang belum tersalur secara utuh dari
tingkat produktivitas.
· > 102 Produktivitas sekolah yang ada sudah sangat ideal dalam
rangka meningkatkan prestasi kerja organisasi sekolah
Produktivitas sekolah kini sudah
sangat ideal sehingga diperlukan untuk mempertahankan prestasi kerja yang ada
disamping selalu melakukan penyesuaian terhadap tuntutan perubahan
3.
Khusus untuk proses councelling Bapak / Ibu dapat menghubungi kami melalui
081210365573 atau email : www.ssukmaadnan@gmail.com
4. Instrumen Kiat-kiat
Menciptakan Produktivitas
sekolah yang Produktif ini dapat dikembangkan untuk kebutuhan
penyusunan penelitian Tesis (S-2) maupun (S-3) Bagi anda para
mahasiswa silahkan mencoba
Komentar
Posting Komentar