Bagaimana Mengukur Kinerja kepala sekolah sltp/slta
PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER
1.
Pada
halaman berikut ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu beberapa pernyataan yang
menggambarkan persepsi, pengalaman, sikap dan perilaku individu kapasitas
Bapak/Ibu sebagai pimpinan untuk dapat dipakai mengukur Efektivitas
Organisasi yang ideal
2.
Isi dan pilihlah alternative jawaban yang menurut Bapak/Ibu paling sesuai
berdasarkan persepsi dan pengalaman kerja.
Untuk
memberikan jawaban atas pernyataan dalam kuesioner ini disediakan alternative
jawaban yang berskala Likert, pada Tabel berikut ini:
K U E S I O N E
R
1.
Saya peduli dengan lingkungan social siswa
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Saya memiliki ambisi agar prestasi siswa yang terbaik
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Saya bekerjasama dengan guru dalam rangka meningkatkan
prestasi belajar siswa
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Saya membuat keputusan agar proses belajar terus kondusif
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
5.
Saya memiliki hasrat untuk mempengaruhi orang lain
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Sebagai kepala sekolah saya pulang paling akhir dari karyawan
lain
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
7.
Saya akan toleran terhadap guru-guru yang malas mengajar
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
Saya bertanggungjawab atas prestasi belajar siswa yang rendah
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
Saya membantu staf akademik dalam merumuskan perbaikan
pengajaran
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
Saya mampu mengorganisir perbaikan pengajaran pada guru-guru
yang kurang berprestasi
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
11.
Saya memuji kehebatan staf dalam bekerja
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
Saya mampu membangkitkan semangat guru untuk mengjar
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
Saya memupuk kepercayaan diri para guru untuk dapat menjadi
profesional
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
Saya memuji kepercayaan diri staf administrasi yang
profesional
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
Saya bekerjasama dengan para guru untuk meningkatkan
intensitas belajar para siswa di kelas
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
Saya bekerjasama dengan staf untuk pelayanan kepada siswa
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
Saya melakukan program supervise untuk meningkatkan
profesional para guru
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
Saya memberi pujian dan hadiah kepada guru yang dapat
menghasilkan siswa yang berprestasi.
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
Saya membimbing staf administrasi yang dapat bekerja lebih
profesional
|
||||
|
Selalu
|
|
Jarang Sekali
|
|
|
Sering
|
|
Tidak Pernah
|
|
|
Jarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1. Interpretasi hasil score
pilihan Bapak / Ibu dapat di deskripsikan sebagai berikut:
·
< 58 Kinerja
Bapak/Ibu selaku Kepala Sekolah yang ada kurang ideal, sehingga akan mempengaruhi rendahnya kinerja saudara.
Solusi
permasalahan tersebut adalah perlu melakukan up grade tentang komitmen pencapaian tujuan organisasi melalui proses
councelling, studi banding maupun pelatihan
·
59 – 62 Kinerja Bapak/Ibu selaku Kepala Sekolah yang ada kurang produktif, masih perlu ditinjau
ulang untuk meningkatkan prestasi kerja
organisasi.
Solusi untuk meningkatkan Kinerja
Bapak/Ibu selaku Kepala Sekolah perlu mendiagnosa kebutuhan aktual dari seluruh anggota dan kebutuhan organisasi termasuk kebutuhan siswa dan perlu meng up grade kemampuan dan keterampilan
Bapak/Ibu selaku manager bukan hanya selaku pemimpin
· 63 – 71 Kinerja
Bapak/Ibu selaku Kepala Sekolah cukup produktif untuk prestasi kerja
organisasi, Namun Kinerja Bapak/Ibu yang telah tercipta ini pada prinsipnya dalam
kategori biasa biasa saja, sehingga masih perlu digali sesuatu modal yang masih terpendam dalam diri dan tanpa
disadari belum tersalur untuk keutuhan tingkat produktivitas organisasi secara
menyeluruh.
·
> 72 Kinerja
Bapak/Ibu selaku Kepala Sekolah sudah sangat ideal dalam rangka meningkatkan prestasi kerja
organisasi
Kinerja Bapak/Ibu selaku Kepala
Sekolah saat kini yang sudah sangat ideal sehingga diperlukan
untuk mempertahankan prestasi kerja yang ada disamping selalu melakukan
penyesuaian terhadap tuntutan perubahan
2. Khusus untuk proses councelling Bapak / Ibu
dapat menghubungi kami melalui 085697158977 atau email : www.ssukmaadnan@gmail.com
3.
Instrumen Kinerja Bapak/Ibu selaku Kepala Sekolah ini dapat dikembangkan untuk kebutuhan
penyusunan penelitian Tesis (S-2) maupun (S-3) Bagi Bapak Ibu para mahasiswa
silahkan mencoba, dan kami siap membantu untuk proses bimbingan dalam
penyusunan hasil penelitiannya.
Komentar
Posting Komentar