Langsung ke konten utama

Peranan Program Diklat Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan


PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER
1.         Pada halaman berikut ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu beberapa pernyataan yang menggambarkan persepsi, pengalaman, sikap dan perilaku individu kapasitas Bapak/Ibu baik sebagai pimpinan maupun sebagai karyawan untuk dapat dipakai mengukur Peranan Program Diklat Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan yang ideal
2.         Isi dan pilihlah alternative jawaban yang menurut Bapak/Ibu paling sesuai berdasarkan persepsi dan pengalaman kerja.

Untuk memberikan jawaban atas pernyataan dalam kuesioner ini disediakan alternative jawaban yang berskala Likert, pada Tabel berikut ini:



Instrumen Pengukuran Peranan Diklat Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja

Pilihlah salah satu jawaban sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

1.     Setujukah anda apabila pendidikan dan pelatihan yang diadakan untuk semua karyawan di perusahaan.
a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu                         e.  Tidak Setuju
b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

2.     Pendidikan dan pelatihan yang diadakan oeh perusahaan bermanfaat bagi semua karyawan.
a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

3.     Setujukah anda apabila karyawan yang sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan mengikuti kembali  dengan tema yang sama .
a.   Sangat Setuju                        c.  Ragu – ragu              e.  Tidak Setuju           b.          Setuju                                     d.  Kurang Setuju              

4.     Pendidikan dan pelatihan dapat berpengaruh dalam pencapaian jenjang karier.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d. Kurang Setuju

5.     Pendidikan dan pelatihan memberikan motivasi dalam bekerja.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e. Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

6.     Jika pendidikan dan pelatihan diadakan diluar  jam kerja.
a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

7.     Apakah mentor dalam pendidikan dan pelatihan dari dalam perusahaan.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju                    

8.     Apakah materi dalam pendidikan dan pelatihan hanya mencakup pekerjaan yang dilakukan.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e. Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju




9.     Mentor dalam menyampaikan setiap materi pendidikan dan pelatihan sangat jelas dan mudah dimengerti.
a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

10.  Dalam melaksanakan pendidikan dan pelatihan, metode yang digunakan menurut anda sudah baik.
a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

11.  Metode yang diterapkan mentor sudah efektif.
a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

12.  Metari pendidikan dan pelatihan yang diberikan harus mengandung unsur- unsur pengembangan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi saat ini.
a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

13.  Dalam membahas setiap materi pendidikan dan pelatihan terutama yang berkaitan dengan upaya peningkatan produktivitas apakah cara bekerja yang kreatif dan invotatif diberikan.
a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

14.  Pendidikan dan pelatihan yang diadakan sangat berpengaruh pada kemajuan perusahaan.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

15.  Adakah pengaruh pada pengembangan pola pikir karyawan.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

16.  Apakah pendidikan dan pelatihan meningkatkan disiplin pada para pekerja.
      a.   Sangat setuju                           c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

17.  Apakah pendidikan dan pelatihan berpengaruh pada profit perusahaan.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Cukup Setuju                      e. Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

18.  Apakah pendidikan dan pelatihan dapat berpengaruh pada produktivitas karyawan.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju


19.  Apakah pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan produk penjualan.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

20.  Apakah pendidikan dan pelatihan berusaha meningkatkan keterampilan karyawan.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

21.  Perlukah adanya pemisahaan materi pendidikan dan pelatihan antara top manajemen dengan jajaran yang ada dibawahnya.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

22.  Setujukah anda apabila pendidikan dan pelatihan diadakan diluar kantor.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

23.  Menurut anda apakah pendidikan dan pelatihan hanya menghamburkan uang perusahaan.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

24.  Apakah pendidikan dan pelatihan yang diberikan oleh perusahaan sudah maksimal.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

25.  Perlukah adanya pengawasan oleh perusahaan dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

26.  Perlukah diadakan pendidikan dan pelatihan yang bertaraf internasional.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

27.  Setujukah anda apabila dana pendidikan dan pelatihan diambil dari dana pribadi.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

28.  Apakah aplikasi hasil pendidikan dan pelatihan di perusahaan sudah maksimal
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

29.  Perlukah adanya penghargaan yang diberikan pada peserta pendidika dan pelatihan.
a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

30.  Apakah pendidikan dan pelatihan dapat mengembangkan kepribadian peserta.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

31.  Setujuakah anda apabila pendidikan dan pelatihan dipertanggungjawabkan implementasinya terhadap perusahaan.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju
 
32.  Apakah perlu diadakan sangsi terhadap karyawan yang tidak bersedia mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diadakan perusahaan.
      a.   Tidak Setuju                             c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

33.  Setujukah anda jika pendidikan dan pelatihan di fokuskan pada para karyawan yang berusia muda.
a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

34.  Setujukah anda bila diadakan  penjadwalan dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan agar tidak mengganggu pekerjaan.
a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

35.  Setujukah anda jika diadakan evaluasi terhadap dasar pendidikan karyawan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan yang sesuai.
      a.   Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
      b.   Setuju                                      d.  Kurang Setuju

36.  Menurut anda pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan efisiensi waktu bekerja setiap karyawan.
a.                     Sangat Setuju                          c.  Ragu – ragu             e.  Tidak Setuju
b.                    Setuju                                      d.  Kurang Setuju


Keterangan :
1.      Opsi opsi dalam pengisian alternatif pilihan Bapak/Ibu yaitu:
·            SS     Sangat Setuju
·            S        Setuju
·            Rg      Ragu - ragu
·            TS      Tidak Setuju
·            STS   Sangat Tidak Setuju

2.      Interpretasi hasil score pilihan Bapak / Ibu dapat di deskripsikan sebagai berikut:
·       < 80          Peranan Program Diklat Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan yang ada kurang ideal, sehingga akan mempengaruhi rendahnya kinerja karyawan.
Solusi permasalahan tersebut adalah perlu melakukan up grade tentang komitmen pencapaian tujuan organisasi melalui proses diklat dan dapat dilakukan melalui proses councelling, studi banding maupun pelatihan
·       81124    Peranan Program Diklat Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan yang ada kurang produktif, masih perlu ditinjau ulang untuk meningkatkan prestasi kerja organisasi.
Solusi untuk meningkatkan Peranan Program Diklat Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan perlu mendiagnosa kebutuhan aktual dari seluruh anggota dan kebutuhan organisasi melalui training need analysis dan perlu meng up grade proses diklat tersebut dalam rangka ketepatan pencapaian sasaran.
·       125159  Peranan Program Diklat Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan cukup produktif untuk prestasi kerja organisasi, Namun Peranan Program Diklat Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan yang telah tercipta ini pada prinsipnya dalam kategori biasa biasa saja, sehingga masih perlu digali sesuatu modal yang terpendam melalui training need analysis dalam kajian secara holistic.  
·       > 160        Peranan Program Diklat Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan sudah sangat ideal dalam rangka meningkatkan prestasi kerja organisasiEfektivitas Organisasi kini yang sudah sangat ideal  sehingga diperlukan untuk mempertahankan prestasi kerja yang ada disamping selalu melakukan penyesuaian terhadap tuntutan perubahan yang secara simultan dikembangkan program diklat baru.

3.       Khusus untuk proses councelling Bapak / Ibu dapat menghubungi kami melalui 085697158977 atau email : www.ssukmaadnan@gmail.com

4.     Instrumen Peranan Program Diklat Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan ini dapat dikembangkan untuk kebutuhan penyusunan penelitian skripsi (S-1), Tesis (S-2) maupun (S-3) Bagi anda para mahasiswa silahkan mencoba, dan kami siap membantu untuk proses bimbingan dalam penyusunan hasil penelitiannya.


Komentar

  1. Bagaimana cara mengukurnya pak? Dan bapak punya ga alat ukur kepuasan pelanggan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTRUMEN PENELITIAN MOTIVASI INTENSITAS BELAJAR SISWA

K U E S I O N E R MTOIVASI INTENSITAS BELAJAR SISWA 1.        Saya membuat kebijakan untuk memperhatikan istirahat belajar agar siswa tidak mengalami kejenuhan Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 2.        Saya menciptakan metode motivasi persuasive kepada sioswa agar mereka rajin belajar Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 3.        Saya memberikan tugas tambah-an kepada siswa selain dari guru mereka Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 4.   ...

Tata Kelola Keuangan Negara

I.       PENDAHULUAN Bangkitnya era reformasi bangsa Indonesia pada tahun 1998 yang ditandai oleh adanya pergantian kepemimpinan pemerintahan negara Indonesia dan merubah seluruh tatanan kehidupan bangsa telah membawa kehidupan bangsa Indonesia kearah perubahan paradigma secara multi kompleks, termasuk perubahan paradigma dari tatanan keuangan negara yang transparan, profesional dan akuntabel. Reformasi pengelolaan keuangan negara ini mencakup adanya keleluasaan di dalam pengurusan keuangan negara, baik pengurusan keuangan negara di pusat dan khususnya lebih terasa bagi pemerintahan daerah dalam rangka mengelola sumber pendapatan dan membelanjakannya sesuai dengan APBD/APBN yang disyahkan oleh KL/DPRD. Berdasarkan keleluasaan dalam pengelolaan keuangan negara maka terjadi pula perubahan paradigma pengawasan yang semula dilakukan secara vertikal dan bercirikan sentralistis, hirarkis maka berubah menjadi horizonta...

PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN

PENGUKURAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER 1.            Pada halaman berikut ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu beberapa pernyataan yang menggambarkan persepsi, pengalaman, sikap dan perilaku individu kapasitas Bapak/Ibu sebagai pimpinan untuk dapat di pakai mengukur   Produktivitas kerja karyawan yang ideal 2.            Isi dan pilihlah alternative jawaban yang menurut Bapak/Ibu paling sesuai berdasarkan persepsi dan pengalaman kerja. Untuk memberikan jawaban atas pernyataan dalam kuesioner ini disediakan alternative jawaban yang berskala Likert, pada Tabel berikut ini: Pilihlah salah satu jawaban sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 1.       Saya selalu dapat memanfaatkan waktu kerja yang disediakan dalam melaksanakan tugas. a.    Sangat Setuju ...