PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER
1. Pada
halaman berikut ini kami sampaikan kepada anda beberapa pernyataan yang
menggambarkan persepsi, pengalaman, sikap dan perilaku individu kapasitas anda sebagai
mahasiswa untuk dapat dipakai
mengukur kepuasan anda di kampus
2. Isi dan pilihlah alternative jawaban yang menurut anda paling sesuai berdasarkan
persepsi dan pengalaman kerja.
Untuk
memberikan jawaban atas pernyataan dalam kuesioner ini disediakan alternative
jawaban yang berskala Likert, pada Tabel berikut ini:
MENGUKUR
KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN DI KAMPUS
No.
|
Keterangan
|
SP
|
P
|
CP
|
KP
|
TP
|
1
|
Apakah anda merasa
puas dengan pelayanan yang anda terima sesuai citra Universitas yang
selama ini anda ketahui ?
|
|||||
2
|
Apakah anda merasa puas terhadap pelayanan yang
diberikan Oleh Pimpinan Jurusan bila
anda menyampaikan permasalahan yang anda hadapi ?
|
|||||
3
|
Apakah keramahan pelayanan pegawai perpustakaan
menghadapi pemakai jasa perpustakaan telah memuaskan anda ?
|
|||||
4
|
Apakah kondisi ruangan yang ada di perpustakaan telah
memberikan kenyamanan belajar di perpustakaan ?
|
|||||
5
|
Bagaimana perasaan anda dengan kondisi gedung,
keindahan dan kebersihan kampus anda ?
|
|||||
6
|
Bagaimana fasilitas laboratorium yang dimiliki oleh
program studi anda ?
|
|||||
7
|
Bagaimana fasilitas laboratorium dalam rangka
meningkatkan ketrampilan mahasiswa
|
|||||
8
|
Bagaimana fasilitas dan pelayanan petugas parkir kendaraan
dikampus
|
|||||
9
|
Bagaimana pelayanan pimpinan Universitas dalam
menampung aspirasi mahasiswa
|
|||||
10
|
Bagaimana kemampuan mengajar dari para dosen yang ada
pada program studi anda
|
|||||
11
|
Bagaimana perasaan anda bila diajar oleh tenaga
pengajar yang memiliki pendidikan jenjang sarjana (S1)
|
|||||
12
|
disiplin mengajar dosen yang datang tepat waktu, jika
berhalangan memberitahukan ketidakhadirannya
|
|||||
13
|
Apakah anda merasa puas jika dosen mengajar disertai
dengan penggunaan media pengajaran yang baik
|
|||||
14
|
Apakah anda merasa puas melihat dosen yang tampil
dengan penuh percaya diri, tidak ragu-ragu, sehingga materi perkuliahan tidak
banyak menyimpang dari yang seharusnya di bahas
|
|||||
15
|
Apakah anda merasa puas bila dosen mau memeberikan
waktu untuk berdiskusi dan menjelaskan kembali materi yang belum dimengerti
mahasiswa
|
|||||
16
|
Bagaimana keterbukaan dosen dalam menanggapi keluhan
mahasiswa yang berkaitan dalam penyelesaian studi
|
|||||
17
|
Bagaimana pelayanan yang diberikan pimpinan Fakultas
dalam menanggapi keluhan mahasiswa
|
|||||
18
|
Apakah anda merasa puas terhadap pelayanan yang
diberikan oleh Dosen Penasehat Akademik
|
|||||
19
|
Bagaimana ketua jurusan memberi pelayanan bila ada
informasi yang anda butuhkan berkaitan dengan perkuliahan anda
|
|||||
20
|
Bila ada masalah pribadi yang anda sampaikan kepada
ketua jurusan apakah anda merasa puas terhadap pemecahan masalah yang diberikan
|
|||||
21
|
Apakah anda merasa puas terhadap peralatan serta
penerangan ruang kuliah yang anda gunakan sebagai kegiatan perkuliahan
sehari-hari
|
|||||
22
|
Bagaimana pelayanan
administrasi akademik yang diberikan oleh pegawai di jurusan
|
|||||
23
|
Bagaimana hubungan pribadi antara dosen dengan mahasiswa
|
|||||
24
|
Apakah anda merasa puas terhadap tempat atau tata letak
tempat papan pengumuman yang dibuat pada setiap program studi
|
|||||
25
|
Apakah anda merasa
puas terhadap disiplin perkuliahan yang diberikan dosen
|
Keterangan :
1.
Opsi opsi dalam pengisian alternatif pilihan Bapak/Ibu yaitu:
·
SP Sangat Puas
·
P Puas
·
CP Cukup Puas
·
KP Kurang Puas
·
TP Tidak Puas
2.
Interpretasi hasil score pilihan anda dapat di deskripsikan
sebagai berikut:
·
< 78 Pelayanan yang ada kurang ideal, sehingga akan mempengaruhi rendahnya prestasi kerja
organisasi di kampus.
Solusi
permasalahan tersebut adalah perlu melakukan up grade kemampuan mengelola pelayanan yang produktif melalui proses
councelling, studi banding maupun pelatihan
·
79 – 82 Pelayanan yang ada kurang produktif, masih perlu ditinjau
ulang untuk meningkatkan prestasi kerja organisasi kerja kampus
Solusi untuk meningkatkan pelayanan organisasi perlu mendiagnosa
kebutuhan aktual dari anggota organisasi dan perlu meng up grade kemampuan dan
keterampilan mengelola pelayanan melalui proses
councelling dan pelatihan.
·
93 – 101 Pelayanan
yang ada cukup produktif untuk prestasi kerja organisasi
Namun pelayanan yang telah tercipta ini pada prinsipnya dalam
kategori biasa biasa saja, sehingga masih perlu digali sesuatu modal terpendam
yang belum tersalur secara utuh dari tingkat
produktivitas.
·
> 102 Pelayanan yang ada sudah sangat ideal dalam
rangka meningkatkan prestasi kerja organisasi kampus
Pelayanan kini sudah sangat ideal sehingga
diperlukan untuk mempertahankan prestasi kerja yang ada disamping selalu
melakukan penyesuaian terhadap tuntutan perubahan
3.
Khusus untuk proses councelling
Bapak / Ibu dapat menghubungi kami melalui 081210365573 atau email : www.ssukmaadnan@gmail.com
4.
Instrumen Kiat-kiat Menciptakan Pelayanan yang Produktif
ini dapat dikembangkan untuk kebutuhan penyusunan penelitian skripsi (S-1),
Tesis (S-2) maupun (S-3) Bagi anda para mahasiswa silahkan mencoba
Komentar
Posting Komentar