Langsung ke konten utama

MENGUKUR KEPUASAN MAHASISWA DI KAMPUS


PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER
1.    Pada halaman berikut ini kami sampaikan kepada anda beberapa pernyataan yang menggambarkan persepsi, pengalaman, sikap dan perilaku individu kapasitas anda sebagai mahasiswa untuk dapat dipakai mengukur kepuasan anda di kampus
2. Isi dan pilihlah alternative jawaban yang menurut anda paling sesuai berdasarkan persepsi dan pengalaman kerja.
Untuk memberikan jawaban atas pernyataan dalam kuesioner ini disediakan alternative jawaban yang berskala Likert, pada Tabel berikut ini:


MENGUKUR KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN DI KAMPUS



No.
Keterangan
SP
P
CP
KP
TP
1
Apakah anda merasa  puas dengan pelayanan yang anda terima sesuai citra Universitas yang selama ini anda ketahui ?





2
Apakah anda merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan Oleh Pimpinan Jurusan  bila anda menyampaikan permasalahan yang anda hadapi ?





3
Apakah keramahan pelayanan pegawai perpustakaan menghadapi pemakai jasa perpustakaan telah memuaskan anda ?





4
Apakah kondisi ruangan yang ada di perpustakaan telah memberikan kenyamanan belajar di perpustakaan ?





5
Bagaimana perasaan anda dengan kondisi gedung, keindahan dan kebersihan kampus anda ?





6
Bagaimana  fasilitas laboratorium yang dimiliki oleh program studi anda ?





7
Bagaimana fasilitas laboratorium dalam rangka meningkatkan ketrampilan mahasiswa





8
Bagaimana fasilitas dan pelayanan petugas parkir kendaraan dikampus





9
Bagaimana pelayanan pimpinan Universitas dalam menampung aspirasi mahasiswa





10
Bagaimana kemampuan mengajar dari para dosen yang ada pada program studi anda





11
Bagaimana perasaan anda bila diajar oleh tenaga pengajar yang memiliki pendidikan jenjang sarjana (S1)





12
disiplin mengajar dosen yang datang tepat waktu, jika berhalangan memberitahukan ketidakhadirannya





13
Apakah anda merasa puas jika dosen mengajar disertai dengan penggunaan media pengajaran yang baik





14
Apakah anda merasa puas melihat dosen yang tampil dengan penuh percaya diri, tidak ragu-ragu, sehingga materi perkuliahan tidak banyak menyimpang dari yang seharusnya di bahas





15
Apakah anda merasa puas bila dosen mau memeberikan waktu untuk berdiskusi dan menjelaskan kembali materi yang belum dimengerti mahasiswa





16
Bagaimana keterbukaan dosen dalam menanggapi keluhan mahasiswa yang berkaitan dalam penyelesaian studi





17
Bagaimana pelayanan yang diberikan pimpinan Fakultas dalam menanggapi keluhan mahasiswa





18
Apakah anda merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Dosen Penasehat Akademik





19
Bagaimana ketua jurusan memberi pelayanan bila ada informasi yang anda butuhkan berkaitan dengan perkuliahan anda





20
Bila ada masalah pribadi yang anda sampaikan kepada ketua jurusan apakah anda merasa puas terhadap  pemecahan masalah yang diberikan





21
Apakah anda merasa puas terhadap peralatan serta penerangan ruang kuliah yang anda gunakan sebagai kegiatan perkuliahan sehari-hari





22
Bagaimana  pelayanan administrasi akademik yang diberikan oleh pegawai di jurusan





23
Bagaimana hubungan pribadi  antara dosen dengan  mahasiswa





24
Apakah anda merasa puas terhadap tempat atau tata letak tempat papan pengumuman yang dibuat pada setiap program studi





25
Apakah anda merasa  puas terhadap disiplin perkuliahan yang diberikan dosen









Keterangan :

1.        Opsi opsi dalam pengisian alternatif pilihan Bapak/Ibu yaitu:

·          SP     Sangat Puas
·          P        Puas
·          CP     Cukup Puas
·          KP     Kurang Puas
·          TP     Tidak Puas

2.        Interpretasi hasil score pilihan anda dapat di deskripsikan sebagai berikut:
·     < 78          Pelayanan yang ada kurang ideal, sehingga akan mempengaruhi rendahnya prestasi kerja organisasi di kampus.
Solusi permasalahan tersebut adalah perlu melakukan up grade kemampuan mengelola pelayanan yang produktif melalui proses councelling, studi banding maupun pelatihan
·     79 – 82      Pelayanan yang ada kurang produktif, masih perlu ditinjau ulang untuk meningkatkan prestasi kerja organisasi kerja kampus
Solusi untuk meningkatkan pelayanan organisasi perlu mendiagnosa kebutuhan aktual dari anggota organisasi dan perlu meng up grade kemampuan dan keterampilan mengelola pelayanan melalui proses councelling dan pelatihan.
·     93 – 101    Pelayanan yang ada cukup produktif untuk prestasi kerja organisasi
Namun pelayanan yang telah tercipta ini pada prinsipnya dalam kategori biasa biasa saja, sehingga masih perlu digali sesuatu modal terpendam yang belum tersalur secara utuh dari tingkat produktivitas.
·     > 102        Pelayanan yang ada sudah sangat ideal dalam rangka meningkatkan prestasi kerja organisasi kampus
Pelayanan kini sudah sangat ideal sehingga diperlukan untuk mempertahankan prestasi kerja yang ada disamping selalu melakukan penyesuaian terhadap tuntutan perubahan

3.         Khusus untuk proses councelling Bapak / Ibu dapat menghubungi kami melalui 081210365573 atau email : www.ssukmaadnan@gmail.com

4.      Instrumen Kiat-kiat Menciptakan Pelayanan yang Produktif ini dapat dikembangkan untuk kebutuhan penyusunan penelitian skripsi (S-1), Tesis (S-2) maupun (S-3) Bagi anda para mahasiswa silahkan mencoba



Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTRUMEN PENELITIAN MOTIVASI INTENSITAS BELAJAR SISWA

K U E S I O N E R MTOIVASI INTENSITAS BELAJAR SISWA 1.        Saya membuat kebijakan untuk memperhatikan istirahat belajar agar siswa tidak mengalami kejenuhan Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 2.        Saya menciptakan metode motivasi persuasive kepada sioswa agar mereka rajin belajar Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 3.        Saya memberikan tugas tambah-an kepada siswa selain dari guru mereka Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah 4.   ...

Tata Kelola Keuangan Negara

I.       PENDAHULUAN Bangkitnya era reformasi bangsa Indonesia pada tahun 1998 yang ditandai oleh adanya pergantian kepemimpinan pemerintahan negara Indonesia dan merubah seluruh tatanan kehidupan bangsa telah membawa kehidupan bangsa Indonesia kearah perubahan paradigma secara multi kompleks, termasuk perubahan paradigma dari tatanan keuangan negara yang transparan, profesional dan akuntabel. Reformasi pengelolaan keuangan negara ini mencakup adanya keleluasaan di dalam pengurusan keuangan negara, baik pengurusan keuangan negara di pusat dan khususnya lebih terasa bagi pemerintahan daerah dalam rangka mengelola sumber pendapatan dan membelanjakannya sesuai dengan APBD/APBN yang disyahkan oleh KL/DPRD. Berdasarkan keleluasaan dalam pengelolaan keuangan negara maka terjadi pula perubahan paradigma pengawasan yang semula dilakukan secara vertikal dan bercirikan sentralistis, hirarkis maka berubah menjadi horizonta...

PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN

PENGUKURAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER 1.            Pada halaman berikut ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu beberapa pernyataan yang menggambarkan persepsi, pengalaman, sikap dan perilaku individu kapasitas Bapak/Ibu sebagai pimpinan untuk dapat di pakai mengukur   Produktivitas kerja karyawan yang ideal 2.            Isi dan pilihlah alternative jawaban yang menurut Bapak/Ibu paling sesuai berdasarkan persepsi dan pengalaman kerja. Untuk memberikan jawaban atas pernyataan dalam kuesioner ini disediakan alternative jawaban yang berskala Likert, pada Tabel berikut ini: Pilihlah salah satu jawaban sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 1.       Saya selalu dapat memanfaatkan waktu kerja yang disediakan dalam melaksanakan tugas. a.    Sangat Setuju ...